Ayah Penyempurna Kesuksesan Anak

Di dalam sebuah keluarga, sosok ayah biasanya lebih ditakuti oleh anak dibandingkan sosok ibu. Walaupun pada kenyataannya seringkali ibu tampak lebih galak dan cerewet dibandingkan dengan ayah, namun anak tetap saja merasa lebih takut pada ayah.

Timbulnya perasaan takut pada ayah seringkali dikesankan oleh orang disekitarnya bahwa ayah akan marah atau mungkin mukul kalau anak tidak nurut atau nakal. Oleh karena itulah, banyak anak yang akan merasa ketakutan apabila perilaku buruknya dilaporkan kepada sang ayah.

Sebagai orang dewasa, perlu kita sadari bahwa memengaruhi anak supaya takut pada sang ayah adalah tindakan yang kurang bijaksana. Hal tersebut dapat merusak ikatan batin antara anak dengan ayah. Anak akan menjauh dan tidak mau dekat dengan ayahnya, padahal untuk menjadi orang yang sukses, seorang anak bukan saja memerlukan peran dan figur dari ibu saja, tetapi juga dari ayah.

Banyak hal dapat memengaruhi kesuksesan anak yang berasal dari peran ayah. Misalnya, dalam membangun jiwa kepemimpinannya, sikap disiplin, tegas, dan tanggung jawab. Semua itu umumnya berasal dari karakter sang ayah.

Oleh sebab itu, agar kesan negatif ayah seperti di atas tidak terus melekat di benak anak, ayah perlu melakukan beberapa pendekatan positif kepada anak, diantaranya adalah dengan cara selalu menjaga komunikasi, menjadi sahabat, menghargai pendapat anak, memenuhi kebutuhan anak, dan bermain bersama anak (dr. Maya & Wido, 2006).

Ayah yang selalu melakukan tindakan positif terhadap anak, seperti memperhatikan, memberikan apa yang dibutuhkan anak, meluangkan waktu untuk bermain bersama anak, dan menghargai pendapat anak, akan mampu membuat diri anak mencintai sosok ayah. Ia akan menjadikan sosok ayah sebagai idola dan teladan dalam hidupnya. Dengan demikian, sikap positif yang ada pada diri ayah tanpa sadar akan tertular pada anak. Ia akan menjadi orang yang sukses, bijaksana dan dapat mengharagai orang lain.

One thought on “Ayah Penyempurna Kesuksesan Anak

  1. PApiq segalanya buatq… beliau melebihi sahabat bahkan pacar sekalipun… saat ada hal penting pasti q selalu diberitAhu dulu dibanding mamiq… kami selalu pergi bersama2 walaupun q perempuan tapi q diajarkan seperti laki-laki.. maklum kami semua perempuan…
    Tapi Q bangga sama PApi juga Mamiq… Perjuangan mereka untuk menyekolahkan anak2nya juga mendidik anaknya dengan Kebebasan yg disiplin…
    bebas untuk bermain, bersosialisasi, berargumen dlm keluarga, juga memilih hal yg menjadi prinsip anak2x (wlpn pasti ada pertentangan dlu). Jujur PApiq keras…. jadi walaupun q dekat bgt sama papi tapi q juga takut klo kesalahanq sampai diketahui papi… nanti bisa Runyammm… Apalagi dy punya Darah Tinggi…

    Namun skrg ini… kami tinggal terpisah.. hanya bisa lewat telepon itupun gak puass…
    Tapi Hanya Q dari 3 bersaudara yg bisa ambil hati papiq.. hhe

    Papiq Antonius M. Simanjuntak Papi TerHebat buat KAmi Anak2nya… Lav u sooo… Sehat Selalu ya…
    Tuhan Memberkatii….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s