Siapa yang Harus Bertanggung Jawab Mendidik Anak?

Kewajiban orangtua mendidik anak bukan hanya ketika anak masih usia bayi hingga pra sekolah saja, sesungguhnya orangtua wajib mendidik anak sepanjang masa sesuai dengan kebutuhan anak tersebut.


Menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab mendidik anak kepada pihak sekolah ketika anak mulai bersekolah tentu keputusan yang kurang bijak. Di sekolah pada umumnya guru akan lebih fokus mengajarkan ilmu-ilmu akademis daripada pendidikan akhlak atau  budi pekerti. Hanya sedikit saja waktu guru di kelas mengajarkan anak mengenai akhlah, itu pun mungkin hanya pada saat anak menerima pelajaran tentang agama.

Baik dan buruknya perilaku anak sangat tergantung pada bagaimana orangtuanya mendidik dan membesarkannya. Orangtua tidak dapat berharap anak-anaknya menjadi seseorang yang baik dan berbudi luhur hanya karena sudah menyekolahkan anaknya di sekolah yang mahal dan terkenal. Banyak sekali hal-hal yang dapat mempengaruhi perilaku dan emosi anak selama anak di sekolah. Pergaulan anak dengan teman-teman yang lainnya dapat berpengaruh terhadap perilakunya. Keterbatasan waktu dan banyaknya anak didik di sekolah menyebabkan guru tidak dapat fokus mendidik atau mengajarkan akhlak dan budi pekerti secara orang perorangan. Oleh karena itu, campur tangan orangtua dalam mendampingi, mengasuh dan mendidik anak sangatlah penting (Umi Munawaroh:2011).

Orangtua harus peduli dan tanggap terhadap pendidikan anak terutama yang berhubungan dengan kebutuhan jiwanya, seperti menanamkan sifat jujur, disiplin, tanggung jawab, mengajarkan bagaimana mengelola emosi dan perasaannya, merasa dicintai dan disayangi. Dengan demikian anak akan faham mana yang benar dan mana yang salah, mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh. Dengan pola asu yang baik, anak akan merasa tenang, senang dan percaya diri. Anak yang dibesarkan oleh orangtua dengan penuh cinta, perhatian dan kasih sayang akan membuat anak mampu menyayangi dan mencintai orang-orang yang ada di sekitarnya.

Pada dasarnya, pengasuhan dan pengawasan orangtua pada anak seperti sebuah saringan yang dapat memisahkan sesuatu antara yang bermanfaat dengan yang tidak bermanfaat.

About these ads

One thought on “Siapa yang Harus Bertanggung Jawab Mendidik Anak?

  1. SETUJU… Keluarga Terutama Orang tua memilik peran penting terhadap tumbuh kembang anak menjadi pribadi yg sesuai harapan. jangan mengantukan semua hanya pada pendidikan… tidak benar itu!
    Seorang anak pun akan berkaca pada pola kehidupan dikeluarganya… jadi Yg bertanggung jawab dalam mendidik anak ya Keluarga terutama orang tua yg membentuk dy untuk lahir ke dunia ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s